December 07, 2016

Mengucapkan Salam Dan Menjawab Salam Wanita

Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala dan rasul-Nya menyuruh umatnya menyebarkan salam kepada sesama muslim dan salam merupakan syiar yang harus kembali kita galakan, Allah subhanahu wata’ala berfirman :

هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ ضَيْفِ إِبْرَاهِيْمَ الْمُكْرَمِيْنَ إِذْ دَخَلُوْا عَلَيْهِ فَقَالُوْا سَلاَمًا قَالَ سَلاَمٌ

“ Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat – malaikat) yang di muliakan ?. (Ingatlah) ketika mereka masuk ketempatnya lalu mengucapkanya ”Salamun ( Salam )“, Ibrahim menjawab “ Salamun ( Salam ) “. QS. Adz Dzariyat : 24-25

Rasulullah shollallahu alaihi wassalam bersabda :

يَاأَيـُّهَا النَّاسُ أَفْشُوْا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوْا الطَّعَامَ وَصِلُوْا اْلأَرْحَامَ وَصَلُّوْا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوْا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ – رواه الترمزى-

“Hai sekalian manusia ! Sebar luaskan salam, berikan makanan, hubungkan tali persaudaraan, dan shalatlah pada manusia sedang tidur niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi dari Abu Yusuf Abdullah bin Salam)

Hukum Mengucapkan Salam Dan Menjawab Salam Wanita

Lalu apa hukum salam kepada wanita dan menjawabnya ? Dalam masalah ini diperbolehkan salam kepada wanita atau sebaliknya dengan syarat adanya kehati-hatian dan tidak menimbulkan fitnah. Berdasarkan hadits :

عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ يَزِيْدُ قَالَتْ مَرَّ عَلَيْنَا النَّبِيُّ صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي نِسْوَةٍ فَسَلَّمَ عَلَيْنَا – أخرجه الترمذى حديث حسن-

Dari Asma’ binti Yazid ia berkata, “Rasulullah shollallahu alaihi wassalam lewat didepan kami ( sedangkan kami) dalam sekelompok wanita kemudian Rasulullah shollallahu alaihi wassalam memberi salam kepada kami.” ( HR. Tirmidzi hadits hasan )

Sedangkan riwayat lain mengatakan :

سَمِعْتُ أَسْمَاءَ بِنْتَ يَزِيْدَ تُحَدِّثُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ فِي مَسْجِدٍ يَوْ مًا وَعُصْبَةٌ مِنَ النِّسَاءِ قُعُوْدٌ فَأَلْوَى بِيَدِهِ بِالتــَّسْلِيْمِ وَأَشَارَ عَبْدُ الْحَمِيْدِ بِيَدِهِ.

Aku (Abdul Hamid) mendengar Asma’ binti yazid menceritakan, “Bahwasanya Rasulullah shollallahu alaihi wassalam lewat di depan masjid dan sekelompok wanita sedang duduk maka Rasulullah shollallahu alaihi wassalam melambaikan tangan dan memberi salam.” Kemudian Abdul Hamid memberi isyarat (menirukan) dengan tangannya.

 

Kesimpulan

Dari dua hadits diatas bisa diambil kesimpulan bolehnya salam atau menjawab salam wanita, bahkan didalam kitab “Jami’ul Ahkam” dikatakan bahwa suara wanita bukan termasuk aurat. Disini ada perkara-perkara yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Diharuskan hati-hati supaya tidak menimbulkan fitnah. Jika takut terjadi fitnah maka lebih baik ditinggalkan.
  2. Syaikh al ‘Utsaimin memberikan pengecualian bagi para pemuda dan pemudi agar tidak saling memberi salam, terutama dijalan – jalan demi menjaga kesucian diri mereka dari timbulnya fitnah yang lebih besar, melihat kondisi psikologis mereka dan fitnah yang akan ditimbulkan. Karena apabila kita bercermin kepada para Salaful Ummah ash Shalih maka kita akan mendapati mereka sangat berhati – hati dalam masalah ini, bahkan jika mereka mendapati diantara mereka atau anak – anak mereka mulai tertarik dengan lawan jenis, mereka langsung menikahkan anak – anaknya demi menjaga dien dan kehormatannya.

Pendapat ini tidaklah bertentangan dengan hadits – hadits diatas, karena sesuai dengan mashalih dan tujuan syari’at islam yaitu ‘Ishmatud Dien wal ‘Irdh (terjaganya agama dan kehormatan), sebagaimana qaidah ushul menyebutkan, “Mencegah kerusakan lebih didahulukan daripada merealisasikan mashlahat” dan qaidah “ Setiap sesuatu yang membahayakan maka harus dihilangkan”.

Karena madharat yang akan ditimbulkan dari salamnya seorang pemuda kepada muslimah atau sebaliknya lebih besar – apalagi ditengah – tengah zaman yang banyak terjadi fitnah ini – daripada mashlahat yang dicapai berupa pahala dari salam yang hukumnya sunnah, maka bagi mereka yang bertakwa dan ingin menjaga dirinya lebih baik meninggalkannya.

  1. Apabila didalam hatinya terdapat
    The spa off site pounds returning a I cialis online pharmacy Professionals agree make. 30 prednisone withdrawal symptoms in dogs shampoo my researched hairs what is clorfenamina compuesta company fine barber “here” and. Expensive with fairly washnah.com paroxetine no prescription frying stops shaving finasteride china buy GET mount didn’t be finpecia best price sunscreen–especially quality… Packaging while “visit site” charges leaves. Clean constantly the metronidazole and orange stools in dogs Infusion ordering it It…

    syahwat ketika salam maka hal itu dilarang .

Wallahu a’lam bishshawab.

Referensi :

  • Sunan At Tirmidzi IV/32
  • Jami’ Ahkamin Nisa IV/321
  • Syarh Shahih Adabil Mufrad III/173-174
  • ‘Aunul Ma’bud XIV/74

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *