December 09, 2016

Serial “OMAR” Mendapat Kritikan Dari Para Ulama

Pasti kita masih ingat dengan serial “Omar” di salah satu stasiun televise swasta, acara yang bisa dibilang paling mendidik di jam tayang sahur ini ternyata mendapat berbagai tanggapan diantara para ulama terkhusus ulama  Negara Saudi. Terjadi perdebatan sengit diantara para ulama atau di beberapa muntadiyat dikarenakan visualisasi dari sosok Khalifah kedua ini.

Diantaranya adalah Syaikh Al Arifii, beliau termasuk ulama yang paling gigih dalam penolakan pengvisualisasian sosok para sahabat.

“Tidak boleh memvisualisasikan para sahabat, sahabat, sepuluh sahabat yang dijanjikan surga dan empat khulafa’ rasyidin. Dalam menaggapi film ini manusia terbagi menjadi dua; ada yang menganggap baik karena di dalamnya terdapat maslahat menurut mereka dan yang lain tetap menganggapnya tidak boleh.”

Melalui akun twitter resminya beliau menyatakan penolakannnya dan hal ini pun mendapat berbagai tanggapan dari para followernya.

Dan juga ulama Lajnah Daiimah yang memang dari dulu sudah mengeluarkan fatwa tidak bolehnya penggambaran kehidupan sahabat melalui serial televise.

Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh juga turut menolak serial tersebut, beliau Setelah memberi pendahuluan beliau mengatakan bahwa ada sebagian dari umat Islam yang mempelajari sirah nabawiyah dengan tujuan merendahkan  seperti stasiun-stasiun televisi yang membuat film Rasulullah  dan Umar bin Khatab agar mereka bisa mengkritiknya. Semestinya umat Islam mempelajari peri hidup mereka dari buku-buku sirah atau dengan menulis sirah mereka atau mentejemahkannya, sebagaimana dicontohkan oleh para ulama adapun mempelajari sirah mereka dari serial tidak baik.

Beberapa fatwa yang melarang :

http://www.dorar.net/art/1288

http://islamqa.info/ar/ref/14488

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *