December 07, 2016

Serba Serbi Ibadah Qurban Bag III [Waktu Dan Tempat Berkurban]

Penyembelihan qurban dilaksanakan setelah shalat ‘iedul adlha pada tanggal 10 dzulhijjah hingga akhir hari tasyriq tanggal 13 dzulhijjah. Qurban tidak sah jika dilakukan sebelum shalat ‘ied atau setelah maghrib pada tanggal 13 dzulhijjah dan dianggap sebagai sembelihan dan shadaqah biasa. Dalilnya adalah sabda beliau SAW. “Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum shalat iedul adlha, maka sesungguhnya ia menyembelih untik dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang menyembelih hewan qurban setelah shalat iedul adlha dan dua khutbahnya, maka sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadahnya dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin.” (HR. Al Bukhori dan Muslim, Shohih).

Dan sabdanya, “Semua hari tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah) adalah waktu untuk menyembelih qurban.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Disunnahkan bagi yang terlanjur menyembelih qurbannya sebelum shalat ‘iedul adlha untuk menggantinya dengan hewan yang lain, berdasarkan sabdanya, “Barangsiapa yang menyembelih sebelum Sahalat (idul Adlha) hendaklah ia menggantinya dengan yang lain …. “ (HR. Al Bukhori dan Muslim, Shohih)

Para ulama mensunnahkan agar penyembelihan dilakukan pada siang hari, dan memakruhkannya pada malam hari. Tetapi kapanpun dilakukan jika masih pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 dzulhijjah, maka qurbannya tetap sah. Dan batasan akhir hari tasyriq adalah waktu maghrib pada tanggal 13 dzulhijjah (karena dalam islam, pergantian hari dimulai pada waktu maghrib. Sehingga ba’da maghrib sudah memasuki tanggal 14 dzulhijjah).

Mengenai tempat penyembelihan, disunnahkan jika melakukannya dekat tempat pelaksanaan shalat idul adlha (HR. Bukhori dan muslim), diperbolehkan juga menyembelihnya di rumah sendiri (HR. Muslim), bahkan Abdullah bin Umar pernah menyembelih hewan qurbannya di tempat pemotongan hewan. Dengan kata lain, boleh menyembelih dimana saja.

Wallahu a’lam

artikel sebelumnya Serba Serbi Ibadah Qurban Bag II [Keutamaan Berkurban]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *