December 07, 2016

Ucapkan Dengan Cara Yang Baik

Dakwah adalah kewajiban, kewajiban bagi setiap muslim untuk mengajak saudaranya kepada kebaikan serta melarang saudaranya dari segala keburukan dan kejelekan. Dengan tingkatan-tingkatan yang berbeda, dengan tangan, lisan dan menolaknya dengan hati namun kadang dakwah kita terkadang tidak berbuah manis justru mendapat penolakan, tentu kita tidak bisa menyalahkan mereka yang menolak kebenaran yang coba kita sampaikan, alangkah baiknya kita melakukan intropeksi diri dikarenakan bisa saja cara kita yang salah.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-Isra’;

وَقُلْ لِعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزغُ بَيْنَهُمْ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلإنْسَانِ عَدُوًّا مُبِينًا

“Dan katakanlah kepada para hamba-Ku hendaknya mereka mengatakan perkataan yang lebih baik, sesungguhnya syaithan itu melakukan hasutan di antara mereka. Sesungguhnya syaithan adalah musuh yang nyata bagi manusia.” [Al-Isra: 53]

Allah Ta’ala memerintahkan kepada RasulNya shallallahu ‘alaihi wa sallam agar menyeru hamba-hamba Allah Ta’ala yang beriman supaya berkata dalam pembicaraan dan perbincangan mereka dengan ucapan yang baik dan perkataan yang bagus dan beliau shollallahu alaihi wasallam telah memberikan contoh bagaimana kita harus berucap hanya hal-hal yang baik dan dengan cara yang baik kepada kita sebagaimana ia dulu berdakwah.

Bahkan kita justru diperintahkan untuk diam jika memang kita tidak mampu berucap dengan hal-hal yang baik, baik bukan hanya dari isi apa yang kita sampaikan tapi juga cara kita menyampaikan isi ucapakan kita tersebut. Pengibaratan yang paling pas, ibarat kita melemparkan makanan yang enak, meskipun makanan tersebut enak namun jika kita memberikannya dengan cara melempar tentu orang yang kita beri akan menolaknya begitu juga dengan dakwah, cara penyampaian itu sangatlah penting.

Mengendalikan lisan bukanlah hal yang mudah, terutama bagi orang yang terbiasa mengucapkan ucapan yang buruk maka dari itu kita diperintahkan untuk selalu menjaga lisan kita untuk dzikrullah, yang membuat lisan kita menjadi terbiasa untuk mengucapkan hal-hal yang baik. Ucapan [dakwah] yang baik akan mengundang munculnya semua perangai yang indah dan amalan shalih, karena siapa yang bisa menguasai lisannya akan bisa menguasai semua anggota badannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *