December 07, 2016

Manakah Yang Lebih Afdhal Mendahulukan Tangan Atau Lutut Ketika Sujud?

Sholat merupakan kewajiban yang harus kita kerjakan setiap hari, dan sebagaimana kita ketahui salah satu syarat diterimanya amal ibadah adalah mutaaba’ah yang hanya bisa kita lakukan dengan mempelajari sunnah-sunnah Nabi kita.

Dalam menjawab persoalan ini perlu kita ketahui hadits Rasul shollallahu alaihi wasallam berikut ini:

عَنْ وَائِلٍ بْنِ حُجْرٍ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ

Dari Wail bin Hujrin ia berkata, “ Saya melihat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam  apabila sujud mendahulukan kedua lutut sebelum kedua tangan dan apabila bangun dari sujud beliau mendahulukan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi)

Dan juga hadits yang berbunyi :

عَنْ عَبْدِ اْلجَبَّارِ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  (فَذَكَرَ حَدِيْثَ الصَّلاَةِ ) قَالَ : فَلَمَّا سَجَدَ وَقَعَتْ رُكْبَتــَاهُ إِلَي الأَرْضِ قَبْلَ أَنْ يَقَعَا كَفَّاهُ.

Dari Abdul Jabbar bin Wail dari ayahnya bahwasanya Nabi shollallahu alaihi wasallam – dia menyebutkan hadits tentang shalat – kemudian dia berkata, “Maka tatkala beliau sujud kedua lututnya jatuh ke atas tanah terlebih dahulu sebelum kedua telapak tangannya.” (HR. Abu Daud).

Inti hadits Rasulullah shollallahu alaihi wasallam diatas adalah bahwasanya meletakkan kedua lutut sebelum kedua tangan adalah lebih afdhal karena hadits diatas adalah hadits fi’li (pekerjaan Nabi shollallahu alaihi wasallam) sedangkan pekerjaan Nabi shollallahu alaihi wasallam itu lebih baik dan lebih afdhal untuk diikuti selama tidak ada pengkhususan untuknya. Sedangkan hadits yang menyebutkan bahwa Nabi shollallahu alaihi wasallam mendahulukan tangan ketika hendak sujud, hadits tersebut adalah hadits maqlub (terbalik), bunyi hadits tersebut adalah :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيْرُ وَلْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتــَيْهِ

 Dari Abu Hurairah bahwasanya ia berkata,” Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda, “Apabila sujud salah seorang diantara kalian maka janganlah ia menderum sebagaimana menderumnya unta hendaknya ia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.” (HR Abu Daud)

Sebagaimana yang diterangkan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Bazz dalam kitabnya “Sifat Shalat Nabi ” mendahulukan kedua lutut itu lebih baik atau afdhal.

Wallahu a’lam bishshawab.

Referensi :

  • Sunan Abi Dawud I/203
  • Sunan At Tirmidzi I/301
  • Shifat Shalat Nabi                                    

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *