December 09, 2016

Mendapati Najis Pada Pakaian Seusai Melaksanakan Sholat

Apabila seseorang sedang shalat dan dipakaiannya terdapat najis sedangkan ia tidak mengetahuinya kecuali setelah melaksanakan shalat, maka shalatnya tetap sah, dan tidak perlu mengulangi shalatnya.

Allah berfirman :

رَبـَّنَا لاَ تـُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا –  البقرة : 286

“Wahai Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau melakukan kesalahan.”

(QS. Al Baqarah : 286)

Pada suatu hari Rasulullah shollallahu alaihi wasallam shalat, sedangkan pada tengah kedua sandal-nya ada kotoran, malaikat jibril mengabarkanya maka beliau melepaskan kedua sandalnya sedang beliau masih melaksanakan shalat. (HR. Abu daud)

Hal ini menunjukan bahwa siapa saja yang mengetahui ada najis dipakaiannya, hendaknya ia menanggalkannya walaupun ditengah shalat. Jika ia melihatnya setelah shalat, maka shalatnya tetap sah dan tidak perlu mengulanginya, berbeda halnya dengan seseorang yang shalat lupa berwudlu’ kemudian ia shalat, lantas setelah shalat ia baru ingat bahwa ia belum berwudlu’ maka wajib baginya berwudlu dan mengulangi shalatnya karena hadats dan najis itu berbeda.

Disini juga kita harus membiasakan menegur atau mengingatkan orang lain jika kita melihat najis di pakaiannya,karena kita sering luput dalam melihat najis yang menempel pada pakaiaan kita.

 Wallahu a’lam bishshawab.

Referensi

  • Fiqih sunnah I/66-67
  • Aunul Ma’bud I/279-280

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *