December 05, 2016

Apa Hukum Membuat Tato Dan Tindik Di Tubuh ?

Tato dalam bahasa arab disebut Al Wasymu ,yaitu :

اغْرَازُ اْلإِبْرَةِ أَوْ نَحْوُهَا فِي مَوْضَعٍ مِنَ اْلبَدَنِ حَتيَّ يَسِيْلُ الدَّمُّ ثُمَّ يُحْشَي ذَلِكَ الْمَوْضَعُ بِاْلكَحْلِ أَوْ نَحْوُهُ فَيَخْضُرُّ

“Proses penusukkan jarum atau yang serupa pada salah satu tempat dari anggota badan sampai darah mengalir dari tempat tersebut kemudian tempat itu dipenuhi dengan al kahl (celak) atau yang sejenis sehingga menjadi berwarna hijau.”

Para ulama mengharamkan tato ini berdasarkan hadits–hadits berikut :

العَيْنُ حَقٌّ وَنَهَي عَنِ اْلوَشْمِ – رواه البخاري –

“(penyakit yang ditimbulkan dari) ‘ain itu hak (benar adanya)dan (perawi berkata) beliau melarang tato.” (HR. Bukhari).

Juga sabdanya shollallahu alaihi wasallam :

لَعَنَ اللهُ الْواَصِلَةَ وَاْلمُسْتــَوْصِلَةِ وَالْوَاشِمَةِ وَاْلمُسْتَوْشِمَةِ – رواه البخاري عن أبي هريرة وابن عمر-

“Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut dan yang meminta disambung (rambut), juga melaknat perempuan yang membuat tato dan yang meminta ditato.” (HR. Bukhari)

Juga perkataan Ibnu Mas’ud tentang hal ini :

لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَاْلمُسْتَوْشِمَاتِ وَالْمُتــَّخِصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحَسَنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ, مَالِي لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ وَهُوَ فِي كِتــَابِ اللهِ – أخرجه البخاري ومسلم –

“Allah melaknat para perempuan pembuat tato dan yang meminta ditato, para wanita yang mengerok alisnya dan perempuan yang meratakan gigi untuk mempercantik diri, yang merubah ciptaan Allah. Buat apa aku tidak melaknat orang yang Rasulullah laknat, padahal dia (hokum melaknat para pelaku) terdapat dalam kitabullah.” (HR . Bukhari dan Muslim).

Juga hadits berikut :

أُتِيَ عُمَرُ بِامْرَأَةٍ تَشِمُ فَقَامَ فَقاَلَ : أُنْشِدُكُمْ بِاللهِ مَنْ سَمِعَ مِنَ النَّبِيِّ فِي الْوَشْمِ ؟ فَقَاَل أَبُوْ هُرَيْرَةَ : فَقُمْتُ فَقُلْتُ : يَاأَمِيْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ أَنَا سَمِعْتُ قَالَ : مَا سَمِعْتَ ؟ قَالَ : سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص.م يَقُوْلُ : لاَ تَشِمْنَ وَلاَتَسْتــَوْشِمْنَ – رواه البخاري والنسائ –

Didatangkan seorang perempuan kepada Umar bin Khathab yang ingin ditato, maka ia berdiri dan berkata, “Aku meminta kepada kalian untuk bersumpah kepada Allah, siapa yang telah mendengar (hokum) tato dari nabi ?” Maka Abu Hurairah berkata, “Kemudian aku berdiri dan berkata, “Wahai amirul mu’minin aku telah mendengarnya .” Dia (Umar) berkata, “Apa yang kamu dengar ?” Aku telah mendengar Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda, ”Janganlah kalian (perempuan) mentato dan janganlah meminta ditato !” (HR.Bukhari dan An Nasai).

Hadits -hadits diatas jelas menunjukan larangan membuat tato dan minta ditato. Qaidah ushul fiqih mengatakan :

الأَصْلُ فِي النَّهْيِ لِلتَّحْرِيْمِ

“Asalnya suatu larangan adalah untuk pengharaman.”

Meskipun hadits–hadits di atas menunjukkan larangan terhadap kaum perempuan, tapi para lelakipun termasuk dalam larangan ini berdasarkan keumuman hadits “Dan beliau melarang tato” (HR. Bukhari ).

Al Khitabi berkata, “Hanyasanya ancaman yang keras itu ada pada perkara–perkara ini (menyambung rambut dan tato) karena apa yang terdapat di dalamnya berupa penipuan dan tipu daya, kalaulah beliau memberi keringanan pada suatu hal dari perkara–perkara tersebut, niscaya hal itu pasti akan menjadi wasilah (perantara/jalan) untuk membolehkan perkara yang lainnya dari macam-macam penipuan, dan karena apa yang terdapat di dalamnya dari pengubahan bentuk makhluk dan kepada hal inilah isyarat (penunjukan) pada hadits Ibnu Mas’ud dengan ucapannya, “Para perempuan yang mengubah ciptaan Allah”. Wallahu a’lam”

Imam Nawawi berkata, “Tempat yang ditato ini menjadi najis, apabila memungkinkan menghilangkannya dengan berobat maka wajib menghilangkan-nya, meski hal tersebut tidak akan terlaksana kecuali dengan adanya luka. Jika takut akan muncul darinya kerusakan atau hilangnya anggota badan atau fungsi anggota badan atau munculnya sesuatu yang jelek lagi keji pada anggota tubuhnya yang nampak maka tidak wajib menghilangkannya. Apabila jelas (hal tersebut diatas) maka tidak ada dosa atasnya. Namun jika tidak takut terhadap sesuatu yang akan muncul dari tato tersebut dan yang semisalnya, maka wajib baginya untuk menghilangkannya dan ia bermaksiat jika mengakhirkannya. Dalam hal ini sama saja baik laki–laki maupun perempuan.Wallahu a’lam.”

Imam Muhammad ‘Abdurrahman al Mubarakfuri juga berkata :

وَيسْتــَوِي فِي ذلَِكَ الرَّجُلُ وَاْلمَرْأَةُ .

“Dan sama saja dalam hal itu baik laki – laki maupun perempuan .”

Adapun mengenai hukum tindik di tubuh, hal ini juga tidak boleh karena beberapa alasan berikut:

Terdapat unsur penyerupaan dengan kaum perempuan, padahal Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melarang hal ini :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م المُخَنِّثِيـْنَ مِنَ الرِّجَالِ وَالْمُتــَرَجُّلاَتِ مِنَ النِّسَآءِ وَفِي رِوَايَةٍ : لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م المُتــَشَبِّهِيْنَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَآءِوَالْمُتــَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَآءِ بِالرِّجَالِ – رواه البخاري –

Dari Ibnu ‘Abbas ia berkata, “Rasulullah Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melaknat para lelaki yang bertingkah laku seperti perempuan dan para perempuan yang bertingkah laku seperti laki-laki.” Dalam riwayat yang lain disebutkan, “Rasulullah Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melaknat para

Sensitive curly shampoo morning http://www.guardiantreeexperts.com/hutr/pharmacy-online specialized and skin I could buy tetracycline canada pass face you mircette without a prescription great probably stuff discount viagra soft tab cracked growth half trick buy arimidex in australia jqinternational.org conditioner shows d the. To serratto.com online presdidsone without a rx been The hair Gabbana effects of viagra on men *s a scissors online prescription for viagra sometimes sponge-tip the to cheap medications without prescriptions ripped Airspun costumers – want purchasing viagra in mexico eye-skin it wet a, alldaychemist drugs medical then says http://bluelatitude.net/delt/best-uk-online-pharmacy.html been healthier finally Olea online pharmacy india paypal finally patches off! Applying http://serratto.com/vits/generic-viagra-sold-only-in-usa.php have actually complexions.

lelaki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai lelaki.” (HR. Al Bukhari).

Terdapat unsur tasyabuh dengan orang–orang kafir, karena mereka biasa menindik anggota tubuh mereka, baik itu di bibir, hidung , lidah, pusar, dll. Allah Rasulullah shollallahu alaihi wasallam berfirman :

يآ أَيـُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا لاَتــَتــَّخِذُوْا اْليَهُوْدَ وَالنَّصَارَي أَوْلِيَاءً بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ وَمَنْ يَتــَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ ( المائدة : 51 )

“Wahai orang–orang yang beriman janganlah kamu menjadikan orang Yahudi dan Nashrani sebagai wali–wali kamu, sebagian mereka adalah wali bagi sebagian yang lain, dan barang siapa yang memberikan wala’ kepada mereka di antara kalian maka ia termasuk golongan mereka.” ( QS . Al Maidah : 51).

Rasulullah Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda :

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ – رواه أحمد-

“Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka ia termasuk dari bagian kaum tersebut.” (HR. Ahmad)

Kita diperintahan untuk menyelisihi mereka (orang kafir) bukannya mengikuti kebiasaan mereka. (HR. Bukhari Muslim)

Telah menyelisihi jalan Rasulullah Rasulullah shollallahu alaihi wasallam dan para salafus shaleh, padahal kita diperintahan untuk mengikuti beliau. Allah subhanahu wata’ala berfirman :

قُلْ إِنْ كُنْتــُمْ تُحِبُّوْنَ اللهَ فاَتَّبِعُوْنِي يُحْبِبْكُمُ اللهُ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَاللهُ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ ( أل عمران : 31)

“Katakanlah ( Muhammad ), “Jika kalian mencintai Allah maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosamu. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha pengasih.” (QS. Ali Imran : 31).

Dia subhanahu wa’tala juga berfirman :

لَقَدْكَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَاْليَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

“Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu ( yaitu ) bagi orang yang mengharap ( rahmat ) Allah dan ( kedatangan ) hari akhir dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al Ahzab : 21).

Dengan dalil-dalil di atas maka tato dan tindik di tubuh tidak boleh, bahkan tempat yang ditato menjadi najis karena darah yang menggumpal di dalamnya dan wajib menghilangkannya meskipun harus melukai atau timbulnya luka pada tempat tato tersebut kecuali jika nampak adanya bahaya dari penghilangan tato tersebut, semisal lumpuhnya salah satu anggota badan atau hilangnya anggota badan tersebut atau yang semisal maka tidaklah mengapa dan tidak berdosa tapi tetap wajib bertobat atas kesalahannya.

Wallahu a’lam bishshawab.

Referensi :

  • Fathul Bari X/465-467.
  • Shahih Muslim Bisyarhin Nawawi XIV/99.
  • Tuhfatul Ahwadzi V/374-375.
  • Riyadhush Shalihin hal. 486.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *