December 05, 2016

Gandakan Harta Anda dengan sedekah

Siapa bilang harta tidak bisa digandakan, bagaimana caranya? Gampang gandakan harta anda dengan sedekah, ya sedekah merupakan penghapus dosa, penolak bala, penyubur pahala, dan melipatgandakan rezeki, bukti keimanan, pembebas siksa kubur, penentram jiwa, dekat dengan Allah dan manusia, dan ada pintu surga khusus bagi pelaku sedekah.

Allah SWT memuliakan orang-orang yang gemar bersedekah. Rasulullah Saw pun memotivasi umatnya agar gemar bersedekah karena banyaknya  keutamaan di dalamnya.

Di antara keutamaan dan berkah sedekah adalah sebagai berikut:

1. Memadamkan murka Allah dan menolak kematian yang buruk (su’ul khatimah). “Sesungguhnya shadaqah itu dapat memadamkan murka Allah dan dapat menolak cara mati yang buruk. ” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Baihaqi).

2. Menghapus Dosa. “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

3. Mendapatkan Perlindungan di Hari Akhir. Rasulullah Saw menyebutkan, salah satu golongan yang memperoleh naungan di Hari Kiamat adalah “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari).

4. Harta Jadi Berkah. “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim).

”Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail).

5. Pahala Berlipat ganda. “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).

6. Ada pintu surga khusus bagi orang bersedekah. “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Bukti keimanan. “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim). Imam An-Nawawi menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Dinamakan sedekah (sedekah) karena ia merupakan bukti Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)”

8. Pembebas siksa kubur dan neraka. “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani). ”Takutlah kamu akan api neraka walaupun dengan (bersedekah) separuh buah kurma.” (HR. Bukhari).

9. Mencegah pedagang melakukan maksiat. “Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi).

10. Melapangkan dada dan membahagiakan hati. “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari).

11. Dekat dengan Allah, Surga, dan Manusia. “Orang yang pemurah itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka. Adapun orang yang kikir, maka jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat kepada neraka (siksaan Allah). “ (H.R. Tirmidzi dan Baihaqi).

Itulah di antara manfaat sedekah sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Quran: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

Yakinlah..!!! bahwa Allah akan membalas kebaikan yang kita lakukan, Allah akan melipat gandakan sedekah yang kita berikan kepada orang lain karena itu adalah janji Allah. Namun, ketahuilah bahwa cara Allah dalam menepati janji-Nya yang terkadang kita tidak menyadarinya. Allah adalah Tuhan Yang Maha Suci, tidak mungkin Dia mengingkari janji-Nya.Wallahu a’lam.*

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *